Jumat, 25 Februari 2022

Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

 

  • Pertemuan 4 

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Semangat pagi anak-anak hebat. Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar meski pun masih dilakukan secara daring. Hari ini bertemu lagi dengan Ibu Ami dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada pekan lalu ada yang masih ingat kita sudah mempelajari materi apa nak? Yups, benar sekali. Pada pertemuan pekan lalu kita sudah belajar dan berlatih Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur .

    Ibu lihat pekan lalu baru 21 siswa yang sudah mengerjakan tugas yang Ibu berikan. Jika ada kendala silakan untuk menyampaikan dan mendiskusikannya di grup daring ya nak. Jangan malu bertanya dan perbanyak membaca ya nak. Ibu harap kalian rajin membaca dan membuat ringkasan materi yang Ibu berikan pada setiap pertemuan. 

    Ada empat aspek keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu membaca, menyimak, berbicara, dan menulis. Pada saat pembelajaran daring ini, Ibu lebih banyak menekankan pada keterampilan membaca dan menulis, namun tidak melupakan keterampilan menyimak dan berbicara. Oleh karena itu, kalian harus semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Pada saatnya nanti Ibu juga akan mengasah keterampilan menyimak dan berbicara kalian seperti yang pernah Ibu berikan pada semester ganjil kemarin. 

    Pada pertemuan pekan lalu kalian sudah ditugaskan mengidentifikasi bahasa dalam teks prosedur dan membuat simpulan tentang ciri umum teks prosedur. Sekarang silakan bandingkan simpulanmu dengan kotak info berikut! 

    Apakah simpulan sudah sesuai dengan kotak info? Jika sudah berarti kalian sudah mampu memahami materi mengidentifikasi bahasa teks prosedur. Jika belum sesuai, berarti kalian harus lebih semangat dan rajin-rajin dalam membaca. Silakan kalian baca dan pahami kembali materi google slide pada pertemuan sebelumnya dan pada buku paket Bahasa Indonesia Kelas VII halaman 82-91. Kemudian kerjakan tugas berikut. 

    Ibu akhiri pertemuan hari ini. Semoga anak-anak tetap semangat, disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. 

  • Tugas Pertemuan 4

    Bacalah teks prosedur halaman 89 "Mematikan Komputer dengan benar"!

    Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

    1.   Apakah teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur?

    2.   Tunjukkan bukti dari segi isi dan tujuannya bahwa teks tersebut merupakan teks prosedur!

    3.   Tunjukkan kalimat/kata mana yang menunjukkan ciri  teks deskriptif!

    4.   Tunjukkan bukti dan alasan dari jawaban yang kamu kemukakan!

    5.   Tuliskan perbedaan teks 1, 2, dan 3 yang terdapat pada halaman 83-85!



  • "Anak hebat selalu bersemangat dan bertanggung jawab dalam belajar"

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 5 Rabu, 2 Februari 2022

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Semangat pagi anak-anak hebat. Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar meski pun masih dilakukan secara daring. Hari ini bertemu lagi dengan Ibu Ami dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada pekan lalu ada yang masih ingat kita sudah mempelajari materi apa nak? Yups, benar sekali. Pada pertemuan pekan lalu kita sudah belajar dan berlatih Mengidentifikasi Jenis Teks Prosedur .

    Pada pertemuan hari ini kita sudah masuk materi keterampilan KD 4.4 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dari informasi yang dibaca dan didengar. 

    Baiklah anak-anak sekarang kita akan berlatih meringkas dan menyimpulkan teks prosedur. Bacalah teks yang berjudul “Membuat Batik Tulis” halaman 93-94. Kemudian perhatikan contoh ringkasan teks berikut!

    Membuat Batik Tulis

    Batik sebagai warisan budaya perlu kita lestarikan. Kita dapat belajar membuat batik tulis dengan latihan yang tekun dan semangat melestarikan budaya.

    Bahan dan alat pembuatannya terdiri atas canting, pensil pola, kain mori putih, lilin malam, kompor pemanas lilin malam, dan bahan pewarna kain.

    Langkah-langkah pembuatan Batik Tulis

    1. Buatlah motif di atas kain mori dengan menggunakan pensil.
    2. Letakkan kain mori pada gawangan dengan posisi melebar agar mudah dibatik.
    3. Panaskan lilin malam dalam wajan dengan api kecil sampai mencair sempurna.
    4. Ambil sedikit lilin malam yang sudah cair menggunakan canting, tiup-tiup sebentar lalu torehkan dengan hati-hati mengikuti motif yang tadi dibuat.
    5. Setelah semua motif yang tidak ingin diberi warna tertutup oleh lilin, celupkan kain ke dalam pewarna, dimulai dari warna yang lebih muda lalu warna yang lebih tua atau gelap.
    6. Jemur kain yang sudah diwarnai.
    7. Setelah kering lakukan proses pelorodan (mengerik lilin dengan pisau) kemudian rebus kain dengan air yang diberi soda abu. 
    8. Setelah kain bersih dari malam, dilakukan kembali proses pembatikan.
    9. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke campuran air dan soda abu.
    10. Rendam batik dalam air dingin lalu jemur. 

    Perlu ketelitian dan kecermatan untuk belajar membatik. Meski sulit tak ada salahnya mencoba berkreasi untuk melestarikan tradisi dan warisan nenek moyang.

    Setelah membaca ringkasan teks tersebut, simpulkan saran apa saja agar mencapai hasil maksimal dalam membuat batik tulis. Benar sekali saran penulis dalam teks di atas terdapat pada langkah nomor 3, 4 5, 7, 9, dan 10.

    Terima kasih kepada siswa yang sudah aktif memberikan respon selama pembelajaran dan sudah mengerjakan tugas dengan benar dan tepat waktu.

    Silakan kalian baca dan pahami kembali materi pada buku paket Bahasa Indonesia Kelas VII halaman 92-97. Kemudian kerjakan tugas berikut. 

    Ibu akhiri pertemuan hari ini. Semoga anak-anak tetap semangat, disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. 

    "Anak hebat selalu bersemangat dan bertanggung jawab dalam belajar. Semangat berlatih membuat kita terampil"

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Tugas Pertemuan 5

    Bacalah teks prosedur "Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar" halaman 95-96. 

    1. Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan dengan bahasamu sendiri!

    2. Tuliskan 2 kalimat saran yang dikemukakan penulis pada teks tersebut!

Struktur Teks prosedur

  Pertemuan 6 Rabu, 16 Februari 2022 Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi anak-anak hebat. Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat da...