Pertemuan 6 Rabu, 16 Februari 2022
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi anak-anak hebat. Apa kabar kalian hari ini?
Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Bertemu lagi dengan Ibu Ami dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada pekan lalu kita sudah melaksanakan Penilaian Harian 1 dan sebanyak 33 dari 34 siswa sudah mengikuti PH1. Hanya 1 siswa yang belum mengikuti PH1. Semoga anak-anak bisa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran.
Pada hari ini kita akan mempelajari materi keterampilan, yaitu KD 4.4 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur,kebahasaan, atau aspek lisan.
D. Menulis Teks Persuasi
1. Penyiapan Bujukan, Ajakan
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam penulisannya adalah menyiapkan sejumlah bujukan ataupun ajakan. Hal inilah yang juga berfungsi sebagai tema utamanya.
Contoh bujukan:
a. Mari, belajar dengan baik.
b. Ayo, kita pergi berwisata.
c. Sayangilah orang tuamu.
Pada umumnya seseorang bisa mengikuti suatu bujukan apabila dalam dirinya sudah tertanam kepercayaan. Oleh karena itu, siapkan pula sejumlah fakta dan pendapat yang bisa mendorong orang lain untuk melakukan sesuai dengan harapan kita.
2. Memperhatikan Struktur dan Kaidah Teks Persuasi
Untuk menulis teks seperti itu, terlebih dahulu kita harus menentukan temanya, yakni berupa bujukan utama yang hendak disampaikan kepada pembaca/pendengar.
Kemudian membuat perincian perinciannya.
Contoh Teks:
Belajarlah dengan tata cara yang baik, yaitu, berdoalah sebelum belajar dengan niat tulus akan belajar sungguh sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kamu mulai merasa jenuh, berhentilah sejenak untuk menenangkan otak, bisa dengan nonton televisi (minimal 10 menit), berdiri, duduk rileks, berjalan mengelilingi ruangan, atau juga menggerak-gerakkan badan. Setelah itu, belajarlah kembali dengan tenang.
Dilihat dari isinya, teks tersebut menyampaikan bujukan bujukan. Hal itu tampak pada kata kata berikut: belajarlah, pusatkan perhatian, berhentilah, belajarlah. Dengan karakteristiknya seperti demikian, teks tersebut tergolong ke dalam bentuk persuasi.
Untuk menulis teks ulasan yang bagus, kamu harus menentukan tema, yakni berupa bujukan utama yang hendak disampaikan. Apakah bujukan itu berupa beli produk, melakukan hal, atau yang lainnya. Kemudian buatlah perincian perinciannya supaya pembaca tahu apa yang disampaikan.Jadi, dapat disimpulkan langkah langkah penyusunan teks persuasi :
- Menentukan tema (bujukan utama).
- Menyusun perincian (pengenalan isi, rangkaian, pendapat atau fakta, ajakan, dan penegasan kembali).
- Mengumpulkan bahan (fakta dan pendapat).
- Mengembangkan teks (memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan).
Untuk materi selengkapnya kalian dapat membuka buku paket halaman 192-198!
Tugas Pertemuan 6
Kegiatan 7.8 (Lihat buku paket halaman 196 bagian A)
1. Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut!
a. Menentukan tema atau bujukan utamanya.
b. Mencatat perincian perincian yang mengarahkan pada ajakan itu yang berupa pendapat/fakta.
c. Menyusun pendapat, fakta, dan rumusan ajakan sesuai dengan struktur teks persuasif sebagai berikut.
d. Mengembangkan kerangka tersebut menjadi teks persuasif yang lengkap dengan memperhatikan kaidah kebahasaannya.
Demikian pembelajaran hari ini, jangan lupa mencatat hal-hal penting dalam buku catatan sesuai materi yang kita pelajari. Kita tutup dengan membaca doa dan hamdalah.
Ibu akhiri.. Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan tidak melanggar SARA!