Kamis, 27 Agustus 2020

Soal Formatif KB1 Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif

 

Soal Formatif KB1 Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif

 

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

 

1) Alasan yang paling tepat mengapa guru harus merancang pembelajaran inovatif  yaitu ...

a. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi pedagogik

b. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi profesional

c. Tuntutan karakter dan ketrampilan abad 21 bagi setiap lulusan 

d. Tuntutan pemerintah dan masyarakat bagi guru dan lulusan 

 

2) Suatu rancangan pembelajaran akan menentukan ...

a. Nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran

b. Kinerja guru dalam mengajar

c. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi

d. keberhasilan aktivitas pembelajaran

 

3) 1. KI             2. KD                3 IPK                4. Tujuan Pembelajaran

Dari 4 komponen RPP di atas, manakah yang paling banyak diterapkan atau diintegrasikan dengan unsur-unsur pembelajaran Abad 21?

a. 1, 2

b. 2, 3

c. 3, 4

d. 2, 4

 

4) 1. Kompetensi Dasar    

    2. Indikator Pencapaian Kompetensi 

    3. Tujuan Pembelajaran

    4. Kegiatan Pembelajaran

Dari 4 komponen RPP tersebut, manakah yang paling memungkinkan terbanyak diintegrasikan oleh unsur-unsur pembelajaran Abad 21?

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

 

5) Tujuan pembelajaran dalam  RPP berorientasi HOTS,  bila ...

a. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat tinggi 

b. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat rendah 

c. mengandung unsur ABCD dengan redaksi yang jelas

d. mengandung unsur –unsur baru 

 

6) Contoh rumusan tujuan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling tepat, yaitu ...

a. Setelah dijelaskan guru, siswa mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa.

b. Setelah  mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu menyebutkan 6 kata tanya dengan tepat

c. Setelah  mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu melaksanakan observasi di lapangan

d. Siswa disajikan materi powerpoint mengenai kerusakan hutan.

 

7) Contoh ilustrasi deskripsi kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling tepat, ialah ...

a. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya

b. Siswa diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya

c. Siswa disajikan materi powerpoint yang berkaitan dengan materi sebelumnya

d. Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan materi sebelumnya

 

8) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) berorientasi HOTS yang paling tepat, yaitu…

a. Siswa mampu menyebutkan macam-macam kata tanya

b. Siswa mampu menjelaskan tentang macam-macam kata tanya

c. Siswa mampu menulis kata tanya  dengan bahasa yang benar

d. Siswa mampu menerapkan macam-macam kata tanya

 

9) Integrasi nilai-nilai Nasionalisme-PPK dalam RPP dapat diintegrasikan pada komponen ….

a. SKI dan KD

b. KD dan IPK

c. IPK dan Tujuan Pembelajaran

d. Tujuan dan Aktivitas Pembelajaran

 

10) Rumusan  tujuan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT, yaitu…

a. Setelah mengamati tumbuhan di halaman, siswa mampu menyebutkan bentuk dan fungsi bagian tumbuhan yang baik

b. Setelah mengamati amuba melalui microscope, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri mikro organism dengan benar

c. Setelah membaca dan menggunakan HP, siswa mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik

d. Setelah melihat tayangan video vulcanology di youtube, siswa dapat menjelaskan salah satu gejala gunung meletus

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tidak melanggar SARA!

Struktur Teks prosedur

  Pertemuan 6 Rabu, 16 Februari 2022 Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi anak-anak hebat. Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat da...